Transportasi Publik

Transportasi Publik

Tulisan ini akan membahas pengalaman saya sedari kecil dengan beragam transportasi publik.

SD - SMP

Mari lewati saja bagian ini, SD dan SMP saya deket banget tinggal jalan kaki jadi gak relate dengan transportasi publik.

SMA

Saat SMA mulai rutin menggunakan transportasi publik terutama angkot, dan ya saya tidak pernah berharap angkot akan senyaman kendaraan pribadi, pengalaman seangkot dengan yang diduga copet (soalnya abang supirnya tiba-tiba ngomong, hati-hati yang naik copet) sampai dengan orang rasis (beneran rasis ni orang, gak cukup nomong rasis sampai hampir nyelengkat korbannya pas turun dari angkot) itu udah kegiatan tiap 6 hari seminggu lah.

Tapi seabsurd apapun pengalaman naik angkot ya tetep aja digunakan soalnya tidak ada pilihan lain, makanya sering ngomong "kalau mau nyaman beli kendaraan sendiri".

Kuliah

Saat kuliah di Bandung saat itu lagi ada terobosan yaitu Trans Metro Bandung, sepertinya itu meniru Trans Jakarta. Beli tiket di halte khusus, hanya berhenti di halte yang ditentukan. Sejujurnya menggunakan TMB ini dari segi waktu jauh lebih lama, tapi setidaknya memberi cukup kenyamanan, bis ber-AC, tidak dijamin duduk tapi pas berdiri sekalipun nyaman, sialnya itu tidak bertahan lama.

Saat mencoba konsisten menggunakan TMB ada saja pengalaman anehnya, AC kaga nyala, "ngetem" nya lebih lama padahal awal-awal katanya hanya beberapa menit penuh gak penuh berangkat, dan yang paling buat saya memutuskan berhenti pakai TMB pernah pas saya naik pintu bisnya agak kurang kekunci jadi pas ngerem agak terbuka, oke lebih baik angkot lagi.

Kerja di Jakarta

Jujur aja awal kerja di Jakarta masih sering pake ojek pangkalan soalnya nyoba kopaja hadeuh cukuplah, tapi seiring berjalannya waktu, memutuskan stay di Jakarta bukan sekadar beberapa hari mulai mencoba menggunakan TransJakarta, dan baru tahu kalau emang niat bisa looohhhh.

Di Jakarta pertama kalinya saya berkunjung ke rumah saudara di Bekasi dengan mudah, naik TJ dari kosan sampai stasiun Sudirman lanjut KRL ke Bekasi, mudah, murah!

Selain itu bagi orang yang jarang bepergian saya dengan santai naik TJ, gak takut nyasar, beda ketika masih di Bandung khawatir tiba-tiba diturunin di mana aja, ongkos kurang, saat di Jakarta santai, kalau bingung turun di halte TJ terdekat tanya petugasnya selesai, pulang malam di Jakarta lebih tenang daripada di Bandung.

Karena Saya Cinta Bandung

Sekarang saya sudah menetap di luar Bandung, KTP dan KK juga sudah berubah tapi tetap saya selalu mengaku orang Bandung, dan saya ingin Bandung memiliki transportasi publik yang layak, jadi kalau di media sosial sering banget ngecengin Bandung karena ingin gitu di Bandung punya transportasi yang bener, salah satu kendala saya dalam mencari pekerjaan adalah memastikan lokasi kerja cukup mudah diakses oleh angkot, saya tidak punya kendaraan pribadi kalau terlalu banyak gonta ganti angkot boncos, andai saja dulu Bandung punya transport macam TJ mungkin orang-orang yang keterbatasan akses bisa terbantu.

Show Comments