10 Jam Pertama Persona 5

Pengalaman bermain persona franchise ini hanya Persona 3 itupun gak sampai akhir, jadi dalam tulisan ini saya akan banyak membandingkan dengan persona 3.

Setelah berpikir antara membeli Nier: Automata dan Persona 5 ( selanjutnya ditulis P5 ) akhirnya diputuskanlah membeli P5. Alasannya sederhana, saya pernah main Persona 3 ( selanjutnya ditulis P3 ) jadi ada sedikit bayangan bermainnya nanti gimana dan yang kedua yang paling penting, harganya lebih murah dibandingkan dengan Nier.

Tanpa basa-basi lagi inilah pengalaman 10 jam pertama bermain Persona 5.

Plot

Bagi saya P5 plotnya lebih mudah dipahami dibanding P3, mungkin dulu saat bermain P3 kebanyakan dipercepat saat bagian-bagian ceritanya, berbeda dengan P5 yang bener-bener saya baca.

Berbeda dengan P3 yang berkutat di Tartarus saat jam malam dimulai, di P5 ini konfliknya bercerita tentang manusia yang dikendalikan hasrat nya sampai melakukan tindak kejahatan. Setiap orang yang dikendalikan hasrat nya akan membentuk sebuah tempat yang disebut Palace di dunia Metaverse. Demi menyelamatkan orang tersebut agar bertaubat maka pemain harus masuk ke dalam Palace dan mengalahkan Shadow dari orang tersebut dan merebut harta karun yang merupakan manifestasi dari hasrat orang tersebut.  Selain Palace, ada juga Mementos yang merupakan lokasi di Metaverse untuk orang-orang yang dikendalikan hasratnya namun belum sampai membentuk Palace.

Gameplay

Secara umum masih mirip-mirip dengan P3 namun emang cukup banyak perubahan perubahan yang terjadi. Misalnya dalam berpetualang di Palace/Tartarus, jika di P3 ada fitur berpencar, di P5 tidak ada, atau mungkin tepatnya belum ada ( ? ) entahlah saya 10 jam pun baru selesai misi yang pertama jadi fitur-fitur gamenya mungkin belum kecoba semua.

Saat bertarung, jika P3 yang saya ingat ada Persona, Skill, Item dan Melee Attack,di P5 ditambahkan dengan Range Attack. Jadi setiap karakter selain dibekali senjata jarak dekat seperti pisau dan pemukul kayu para karakter akan diberikan juga senjata jarak jauh seperti pistol.

Saat berpetualang, jika di P3 ada semacam check point untuk bisa berpindah tingkat secara singkat, di P5 hal tersebut diganti dengan Safe House. dan selain itu jika di P3 karakter hanya sekadar berkeliling di labirin di P5 tidak sekadar jalan, karakter kita bisa mengendap-ngendap atau bahkan loncat naik ke tembok dan berjalan di atap.

Velvet Room masih tersedia dan masih dipimpin oleh Igor, namun yang membedakan menu di Velvet Room P3 cukup bervariasai selain menu untuk Fusion Persona ada juga menu untuk informasi Side Quest, di P5 baru ada Fusion Persona saja, entahlah nantinya bakal mucul juga atau tidak menu semacam Side Quest-nya. Tampilan Velvet Room P5 juga digambarkan seperti penjara dengan dua sipir Caroline dan Justine, berbeda dengan P3 yang lebih mirip ruangan wawancara dengan pendamping Igor seorang wanita dewasa bernama Elizabeth.

Untuk kehidupan sehari-hari karakter utama emang lebih bervariasi namun ada beberapa hal yang hilang ( atau mungkin juga belum karena masih tahap awal banget saya maennya ) seperti ikut eskul sekolah, mencari pasangan, atau berteman dengan orang normal bukan orang-orang khusus pemilik persona.

Untuk yang lainnya seperti jawab pertanyaan di kelas, ujian, kerja sambilan, hiburan dengan nonton bioskop dan sejenisnya masih ada.

Grafik

Tidak adil memang membandingkan grafik untuk PS2 dan sekarang P5 ada di PS4 tapi emang secara grafik jauh banget, di P3 karakternya imut-imut gimana gitu, sedangkan di P5 karakter udah seperti kita nonton Anime dengan efek khusus. Tampilan di Palace/Tartarus-nya pun sangat jauh meningkat, jika di P3 hanya sekadar labirin di P5 udah mirip Open World. Udah ah grafikmah emang sangat jauh berbeda lah intinya.

Game Info

Nama : Persona 5

Tipe : RPG

Konsol : PS 3 dan PS 4

Harga :

  • Baru : ± Rp. 699.000*
  • Bekas : ± Rp. 500.000*

Tambahan

Di PS4 setelah masuk kedalam game setelah tutorial, P5 akan di-update dan fitur screenshot akan mati. Konon hal ini agar tidak banyak yang menyebar screenshotkarena P5 merupakan game yang mengandalkan cerita ditakutkan screenshottersebut memuat spoilerScreenshot di atas diambil sebelum game di-update.

Harga per 11 Agustus 2017 di berbagai situs.

Show Comments