Backup Data Melalui Live OS

Gara-gara tadi buka twitter dan lihat cuitan anggota JKT48 yang ngeluh gegara laptopnya gagal booting dan ketika dicek balasan twitnya ternyata banyak yang nyaranin install ulang. Install ulang ini memang solusi dari segala solusi ~~.

Ini dulu sempat kejadian juga oleh saya, tepatnya teman kerja saya, komputernya gak mau booting kalaupun mau install ulang data yang di drive C perlu di-backup dulu. Beruntung saat itu saya membawa flashdisk, akhirnya flashdisk tersebut saya gunakan sebagai media live os.

Seperti yang diketahui, beberapa distro linux menyediakan fitur live preview sebelum kita benar-benar memasang. Dengan bantuan live preview akhirnya data berhasil disalin terlebih dahulu, tahapannya pun sederhana.

  1. Unduh iso distro di situs ofisialnya, waktu itu saya menggunakan iso dari elementary OS
  2. Flashdisk dan software semacam rufus atau yumi, fungsinya untuk membuat flashdisk ini menjadi bootable dengan iso dari distro yang dipilih.
  3. Atur komputer/laptop agar mau membaca bootable dari falshdisk, di bios biasanya ada urutan boot.
  4. Setelah semua selesai, colok flashdisk dan nyalakan komputer/laptop, saat masuk ke dalam menu distro tersebut pilih live cd atau live preview.
  5. Selamat Anda berhasil masuk dan silakan untuk salin data yang ingin diselamatkan.
  6. Jika data sudah terselamatkan silakan install ulang dengan tenang.
Show Comments