Ganti Template dan Persoalannya

Setelah dipikir-pikir kayanya tampilan untuk blog perlu disederhanakan dan akhirnya dimulailah pencarian template yang minimalis sehingga pilihan jatuh kepada So Simple Theme.

Ada beberapa alasan kenapa saya memilih template ini :

1. Tampilan yang simple.

Sesuai dengan namanya tampilannya cukup sederhana, di halaman depan hanya memunculkan tulisan-tulisan terbaru saja. Tanpa gambar hanya judul, text, dan tanggal. Selain itu warna hanya dua perpaduan hitam dan putih. Cakep.

2. Fitur pencarian.

Di template yang sebelumnya tidak ada fitur pencarian dan di template ini ada. Fitur ini cukup membantu kalau mau cari tulisan yang entah ada di halaman berapa.Lumayan mempersingkat waktu.

3. Bosan.

Ini sebenarnya alasan paling kuat, bosan dengan tampilan yang lama dan kebetulan ada niat untuk menggantinya. Kalau tertarik tampilan dan fitur tambahan selama gak bosan dan gak ada niat mah ujung-ujungnya tarsok lag. Halah ~~

***

Tapi, mengubah template di sini ternyata tak sesederhana seperti saat pake WP, masih semi manual. Dan perbedaan yang paling terasa adalah Perbedaan Struktur

Struktur template dari mulai folder layoutpost, dan page udah berbeda dan yang paling berbeda tentu saja bagian post.

Pada template sebelumnya dalam kategori cukup dideklarasikan di postingan, untuk templateini mesti bikin folder dengan nama kategori tersebut lalu postingan tersebut disimpan di dalam foldernya.

Setelah menyiapkan struktur sesuai yang diinginkan saya masih harus menyalin manual postingan-postingan yang dari template sebelumnya, gak ribet sih cuma males aja.

Terakhir tinggal push ke gitlab page dan ternyata agak lama ngebuildnya.

Show Comments