Mencoba Grav: Flat File CMS

Beberapa hari terakhir ini saya sedang ingin mengubah halaman utama blog saya yang beralamat di arsmp.com ke sesuatu yang lebih berguna daripada sekadar landing page saja. Lalu saya mencari beberapa CMS alternatif untuk wordpress dan yang jelas bukan juga static site engine seperti hugo dan jekyll. Saat mencari itu saya menemukan Grav, yang menurut saya cepat dan sederhana seperti jekyll dan hugo namun relatif mudah seperti wordpress.

Persiapan

Pertama tentu saja unduh Grav di situs ofisialnya: https://getgrav.org/downloads. Saran saya unduh yang Grav+admin plugin. Sebelumnya pastikan Anda sudah memasang php minimal versi 7.1 dan beberapa paket tambahan, jangan khawatir jika spesifikasi awal belum terpenuhi tampilan grav akan menuntun kita untuk memasang paket-paket yang dibutuhkan.

Instalasi

Seperti aplikasi PHP pada umumnya setelah di-ekstrak dari zip yang diunduh cukup pindahkan saja ke localhost, namun jika belum memiliki localhost bisa menggunakan built in server php, caranya masuk ke dalam folder root grav dan jalankan perintah berikut

php -S localhost:8888 system/router.php

Jika sudah bisa kunjungi localhost atau localhost:8888 jika menggunakan cara di atas, jika berhasil akan muncul tampilan untuk membuat user

Setelah mengisi user nanti akan diarahkan ke halaman dashboard, dan selesai sudah pemasangan grav. Mudah bukan?

Grav di menunya tidak memiliki menu Post seperti di wordpress, di Grav hanya ada menu Page. Tapi bukan berarti kita tidak bisa membuat blog post, hanya saja butuh tahapan-tahapan tambahan.

Membuat Blog Post

Membuat Page tipe “Blog”

Pertama masuk menu Pages dan pilih menu Add, hal ini akan memicu munculnya modal tentang informasi page yang dibuat. Beri nama terserah saja namun pastikan page template-nya blog. Setelah selesai pilih continue.

Langsung saja tekan Save di pojok kanan atas.

Kalau kita lihat di halaman utama maka sudah muncul menu baru bernama “Post” ( sesuai nama yang tadi saya berikan ).

Menulis Konten

Untuk membuat konten caranya mirip dengan sebelumnya, pilih menu “Page” tekan tombol “Add” dan pada modal yang ada pilih template berupa “Item” dengan parent “Post” atau nama yang dibuat.

Setelah klik “continue” kita akan diarahkan ke halaman lanjutan seperti page tadi, namun karena ini untuk konten maka pilih tab “content

Silahkan isi judul dan konten sesuai keinginan, konten ini menggunakan markdown sebagai tulisannya ya. Setelah itu tekan “Save” makan konten akan muncul di halaman “post

Mengganti Home

Pertama kita sembunyikan dulu default page yang ada yaitu “home” yang asli dan “typhograpy“. Masuk menu page dan klik “home” atau “typhograpy“, di bagian “option” pilih “Published” menjadi “No“.

Kembali ke menu “Page“, klik yang “Post” lalu di tab “advanced” scroll ke bawah di bagian “overrides” pilih Menu dan masukan “Home” atau “Beranda” atau apa sajalah. Lalu pilih save.

Terakhir, pilih menu “configuration” lalu pada bagian “Home Page” arahkan ke page “Post“, setelah itu simpan.

Ya blog selesai.

Kesimpulan

Menurut saya Grav sangat cocok sebagai pilihan alternatif untuk blogging, beberapa alasan seperti mudah, ringan, plugin dan tema yang ada walau tidak banyak. bagi yang gemar menulis melalui markdown grav bisa jadi pilihan tentunya.

Show Comments