Mencoba ( lagi ) Vagrant

Hal yang paling malas dari install ulang bukanlah install ulang OS nya tapi install aplikasi-aplikasi yang pernah dipasang. Kali ini saya mencoba untuk menulis ulang tentang pemasangan vagrant.

Apa itu vagrant ?

Menurut wiki, Vagrant merupakan perangkat lunak yang membantu untuk membuat portable virtual environment. Biasanya saya menggunakan vagrant untuk coba-coba membuat atau untuk mensimulasikan keadaan server. Misalkan saya hendak menyimpan web saya disuatu server dengan spesifikasi : OS Centos, menggunakan nginx, mysql, dan PHP versi 7. Dengan vagrant, memungkinkan kita membuat simulasi dari keadaan tersebut tanpa perlu repot-repot nyari laptop atau server kosong.

Apa yang dibutuhkan ?

Vagrant itu perlu sebuah tempat untuk dapat dijalankan, saya sendiri di sini menggunakan virtualbox tapi ada pilihan lainnya seperti parallel ataupun vmware_desktop.

Install Vagrant

Untuk memasang vagrant cukup mudah, masuk ke halaman unduh di situs resmi vagrant download , lalu pilih installer yang sesuai dengan OS masing-masing. Karena saya menggunakan Debian 64bit maka saya memilih untuk mengunduh versi tersebut.

Setelah selesai mengunduh untuk memasang vagrant dengan cara :

$ sudo dpkg -i vagrant_x_x-x.deb

Tunggu sampai selesai. Jika sudah bisa dicek dengan perintah berikut utnuk mengetahui versi vagrant yang dipasang.

$ vagrant -v


$ Vagrant 1.9.1

Vagrant Box

Seperti yang disinggung di atas, vagrant memungkinkan kita untuk membuat simulasi keadaan suatu server atau environment tertentu. Tapi, bukan berarti dengan install vagrant itu selesai kita masih membutuhhan yang namanya Vagrant Box.

Seperti contoh di atas saat kita mau nyoba OS centos kita bisa unduh box yang berisi Centos. Untuk menemukan box yang dibutuhkan kita bisa mengecek di halaman ini pencarian box .

Memasang Vagrant Box

Buat dulu satu folder untuk keperluan si vagrant dan masuk ke folder tersebut :

$ mkdir test-vagrant
$ cd test-vagrant
$ vagrant init centos/7

Dengan perintah tersebut kita secara tidak langsung membuat berkas dengan nama Vagrantfile dan folder yang disembunyikan dengan nama .vagrant. Penjelasan Vagrantfile saya akan tulis di tulisan terpisah.

Setelah berhasil membuat Vagrantfile selanjutnya lakukan perintah berikut :

$ vagrant up --provider virtualbox

Perintah diatas akan mengeksekusi berkas Vagrantfile sekaligus mengunduh box untuk OS Centos dan memasangkannya di virtualbox.

Jika sudah selesai untuk bisa masuk ke dalam “virtual server” yang dibuat oleh vagrant bisa menggunakan perintah :

$ vagrant ssh

Kelebihan dan Kekurangan

Dengan vagrant membantu kita untuk membuat simulasi server dengan mudah, vagrant boxyang disediakan pun beragam tidak cuma OS “kosongan” tapi juga ada beberapa box yang sudah dipasang atau dikonfigurasi seperti homestead untuk laravel misalnya. Tapi karena vagrant ini membutuhkan aplikasi lain untuk berjalan seperti virtualbox dan lainnya, pastikan RAM kalian cukup karena kalau tidak itu akan menyiksa laptop atau pc masing-masing.

Show Comments