Ceritanya bikin side project

Ceritanya bikin side project

Kenapa membuat url-check? Oke, tidak ada yang bertanya seperti ini kepada saya, tapi biarkanlah saya menulis alasan-alasannya di dalam blog ini.

Skill Issue

Saat banyak orang side project dengan beragam AI, membuat compiler, membuat the next big thing saya memutuskan untuk membuat url-check karena sederhana skill issue. Apakah saya ingin membuat projek dengan AI? Ya sangat mau tapi saya tidak bisa merangkai ide yang cocok dengan kombinasi AI untuk saat ini, untuk ide-ide lainnya? Ingin sekali rasanya membuat sesuatu yang bukan web app tapi prosesnya cukup panjang, dan mau tidak mau (bisa juga ini hanyalah pembenaran) waktu saat ini memang bergeser, prioritas di waktu luang adalah keluarga, weekend adalah waktu yang tepat bermain bersama anak setelah 5 hari kami hanya berinteraksi kurang dari 5 jam tiap harinya.

Tantangan dan Dopamin

Menghabiskan waktu 5 hari bekerja, rutinitas setiap hari sama, jika Anda pernah menonton episode Sponge Bob yang Squidward pindah rumah makah saya hampir merasakan hal yang serupa dengan Squidward, maka dari itu saya butuh sebuah tantangan tapi jangan yang terlalu berat yang ada akan menyerah, jika kita menganalogikan saya butuh sesuatu seperti sebuah game action rpg, beberapa menantang tapi juga langsung memberikan efek dopamin instan, maka dari itu kembali membuat web app dengan tech stack yang tidak terlalu familiar (svelte, caddy, fastapi, go, dll) sehingga saya bisa mendapatkan tantangan dari tech stack yang baru tapi bisa mendapatkan dopamin instan karena membut sesuatu yang emang sudah sangat familiar (web app).

Tujuan

Selain untuk iseng-iseng punya sesuatu yang dikatakan "side project" atau menambah "portofolio" salah satunya adalah (benerin kerah) mencoba membantu beberapa orang yang sering mendapat short url dan mendapatkan momen "diabaikan penasaran, dibuka takut maasalah" nah dengan premis dari sana kenapa tidak saya buat untuk mengecek short url ini, jika setelah dicek dan ternyata url aslinya mencurigakan maka bisa diabaikan dan tidak penasaran, tapi ketika url aslinya cukup valid dan dirasa aman kita tidak lagi ketakutan