Horizon Zero Dawn

Jika ada yang bisa “disalahkan” dalam keputusan membeli PS4 maka Horizon Dawn adalah salah satunya. Saat pertama kali melihat cuplikannya di Youtube dan mendapat Informasi bahwa ini game eksklusif di PS4 saya langsung mengambil keputusan. Ya mari nabung demi PS4.

Plot

Karakter utama dalam game ini adalah Aloy seorang gadis yang dibuang dan dikucilkan dari sebuah suku. Sedari kecil dibuang dan dikucilkan,  Aloy dirawat oleh Rost dan tentu saja dilatih untuk bertahan hidup. Cerita sebenarnya dimulai saat Aloy beranjak remaja, dengan bantuan focus ( alat yang ditemukannya saat kecil dan berguna untuk keperluan berburu seperti tracking jejak seseorang juga robot serta mendeteksi kelemahan masing-masing robot ) Aloy mulai mencoba masuk kembali ke suku Nora, suku yang membuangnya. Dan secara resmi petualangan Aloy dimulai.

Seting waktu dunia Horizon Dawn berada jauh di masa depan setelah manusia selamat dari musibah yang hampir memusnahkannya. Kehidupan manusia dimulai kembali seperti zaman primitif namun yang berbeda jika dulu dikelilingi oleh hewan pra sejarah zaman ini manusia dikelilingi oleh makhluk-makhluk terbuat dari mesin.

Gameplay

sumber : https://www.playstation.com/en-us/games/horizon-zero-dawn-ps4/

Horizon Dawn merupakan game Action RPG dengan peta Open World yang memungkinkan kita untuk berkeliling hampir di semua lokasi tanpa terikat level. Saya sebut hampir semua karena ada beberapa lokasi yang terkunci dan perlu dibuka dengan quest tertentu.

Untuk menaikan level kita perlu mengalahkan monster atau robot liar, bisa dengan pertarungan jarak dekat, jarak jauh, menyusun perangkap, atau malah menjinakannya.

Karena peta ini Open  World sudah pasti peta yang ada cukup besar untuk dijelajahi, dan agar tidak terlalu cape jalan-jalan, ada fitur fast travel dengan catatan sudah pernah menyalakan api unggun di lokasi tujuan dan punya item fast travel.

Oh iya saat mengalahkan robot kita akan mendapatkan item yang bisa dijual atau dirakit untuk jadi amunisi. Dan barang-barang yang didapat dari hewan-hewan liar ( hewan ya bukan robot menyerupai hewan ) selain dijual bisa digunakan untuk meng-upgrade perangkat seperti menambah jumlah senjata yang dapat dibawa, jumlah barang yang bisa diambil, dan jumlah amunisi dalam masing-masing senjata.

Senjata

Senjata di Horizon Dawn ada tiga : jarak dekat, jarak jauh, dan perangkap. Jarak dekat adalah tombak yang merupakan senjata default dan tidak bisa dilepas.

Senjata pun dibagi ke dalam beberapa kelompok dari normal sampai rare dan tentu saja semakin langka semakin kuat senjatanya. Hampir setiap senjata bisa diupgrade kekuatannya dengan menambahkan modification item. Sama dengan senjata, modification item ini akan meningkatkan elemen-elemen tertentu di setiap senjata. Gunakan elemen yang tepat saat melawan monster agar cepat kalah monsternya.

Selain senjata yang bisa dimiliki permanen seperti yang disebutkan di atas, ada juga senjata yang sifatnya sementara. Senjata ini biasanya muncul saat bertarung melawan monster yang menjatuhkan  potongan senjatanya dan bisa kita gunakan untuk melawannya kembali. Selain dari monter senjata jenis ini juga sering digunakan bandit-bandit di bandit camp.

Quest

Selain Quest utama dan Quest sampingan Horizon Dawn pun ada beberapa quest tambahan untuk mendapatkan exp agar naik level. Beberapa diantaranya

  1. Errand : Quest yang biasanya perseorangan dan hampir tidak ada kaitannya dengan cerita utama. Questnya berupa nyari orang, ngirim barang dan sejenisnya.
  2. Bandit Camp : Di peta akan ada beberapa markas bandit saat kita berhasil menghabisi semua bandit maka markas bandit tersebut akan berubah jadi pemukiman umum.
  3. Weapon : Saat membeli senjata baru secara otomatis kita akan mendapatkan quest yang intinya agar terbiasa menggunakan senjata tersebut.
  4. Hunting Ground : Seperti namanya ini adalah tempat latihan berburu, kita akan diberikan perintah untuk mengalahkan monster dengan cara-cara tertentu. Setiap selesai berburu akan dinilai semakin besar nilai hadiah yang didapat semakin berharga.
  5. Cauldron : Ini quest yang cukup penting, karena saat berhasil menyelesaikan quest cauldron kemampuan Aloy untuk menjinakan mesin akan bertambah, yang asalnya menjinakan mesin-mesin kecil sampai bisa menjinakan monster yang jauh lebih besar.

Level dan Skill Point

sumber ; https://www.gamespot.com/articles/see-horizon-zero-dawns-full-skill-tree/1100-6447400/

Maksimal level yang diberikan adalah 50, dan setiap kenaikan level kita akan mendapatkan 1 skill point yang bisa digunkaan di skill tree. Dengan skill treetersebut kita bisa menentukan tipe bertarung yang paling sesuai, jarak dekat, jauh atau mainin perangkap. Sealin untuk bertarung skill yang tersedia juga tersedia untuk  kemampuan menambah bobot item yang bisa dibawa dan kemampuan untuk memodifikasi senjata lebih fleksibel.

Selain dari kenaikan level skill point bisa didapat saat kita menyelesaikan beberapa quest.

Monster atau Robot

Sumber : Screenshot Pribadi

Jenis monter/robot itu beragam dari yang menyerupai hewan sampai yang beneran gak tahu bentuknya gimana. Dari robot yang berjalan di darat, amfibi, dan bahkan ada robot yang terbang. Saya pribadi paling males menghadapi robot yang terbang, Persoalan memang robot yang terbang ini.

Setiap robot juga memiliki kelemahan-kelemahan tertentu yang bisa diketahui melalui focus.

Game Info

Nama : Horizon Zero Dawn

Konsol : PS4

Harga : Rp 626.000 ( berdasarkan psprice.com 13-agustus-2017. )

Show Comments