Perbedaan Wordpress.com dan wordpress.org

WordPress bisa disebut sebagai layanan website/blog generator bagi siapapun yang ingin memiliki sebuah blog/website pribadi. WordPress sendiri memiliki dua pilihan dalam pembuatan website/blog: WordPress.com dan WordPress.org. Dan tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

WordPress.com

Saya sering menyebut wordpress.com sebagai website generator seperti blogspot misalnya.

Kelebihan

Cepat : Karena sifatnya yang merupaka website generator membuat banyak orang akan cepat memiliki sebuah website. Yang diperlukan hanyalah mendaftar di wordpress.com dan ikuti perintah saat memilih menu “create website”.

Tidak perlu pengetahuan Programming : Pengguna hampir bisa dipastikan tidak wajib memiliki kemampuan web programming. Mulai dari setting web, sambungan database, dan lain seabgainya sudah diurus oleh wordpress.com sehingga pengguna dapat fokus pada konten yang akan diisi dalam blog/website

Kekurangan

Nama Website menjadi subdomain dari wordpress.com : Saat mendaftarkan web di wordpress.com otomatis website yang didaftarkan akan menjadi subdomain dari wordpress.com. Makak nama web akan menjadi nama-website.wordpress.com. Alamat dapat diubah dengan cara membeli domain terlebih dahulu.

Kurang Bebas : Maksud kurang bebas di sini adalah kita hanya diberikan fitur-fitur standar dari wordpress.com dan itu akan membuat kesulitan jika ingin membuat website dengan fitur-fitur lainnya.

WordPress.org

Berbeda dengan wordpress.com yang merupakan website generator wordpress.org jutru sebaliknya, bukan sebagai website generator tapi sebagai penyedia “mentahan” ( source code ) untuk website wordpress.

Kelebihan

Tidak terikat dengan domain wordpress.com : Karena yang dimiliki adalah source code websitenya sehingga kita dapat memasangnya di server milik sendiri sehingga domain tidak terikat dengan wordpress.com.

Fleksibel : Dengan source code website yang dimiliki kita dapat menambah atau mengubah fungsi yang ada. Bisa dengan langsung mengubah code atau menggunakan plugin tambahana.

Kekurangan

Lama : Lama di sini relatif, jika web yang dibangun hanya fitur-fitur sederhana bisa cepat, tapi jika ingin menambah beberapa fitur maka akan menambah waktu sebelum website siap tayang.

Sedikitnya tahu atau paham dasar programming : Meskipun tidak perlu terlalu paham setidaknya calon pengguna tahu sediki-sedikit karena setidaknya akan menyentuh file-filekonfigurasi, minimal konfigurasi database.

Kesimpulan

Dari beberapa informasi di atas setidaknya bisa diambil kesimpulan bahwa jika hendak membuat blog yang sifatnya sebagai catatan sederhana dan ingin cepat bisa menggunakan layanan dari wordpress.com. Kalau ingin yang sedikit beragam fiturnya bisa memilih cms dari wordpress.com. Dan jika kurang familiar dengan konfigurasi bisa meminta bantuan jasa kepada yang cukup punya pengalaman dalam setup website dari wordpres.

Show Comments