Setelah Memasang Manjaro

Hari ini saya ganti OS lagi, sekarang ganti ke Manjaro setelah sebelumnya menggunakan Bunsenlabs. Saran menggunkan Manjaro datang dari teman dan setelah dipikir-pikir dulu saya juga sempat mau nyoba tapi entah kenapa di laptop HP saya setiap memasang Manjaro dan Linux Mint selesai install gak bisa masuk selalu mentok di splash screen. Heran akutu.

Oke langsung saja jangan kebanyakan mukadimah.

Manjaro

Kenapa Manjaro? Asalnya mau make Ubuntu yang baru itu Disco Dingo, tapi kan bukan LTS terus seperti yang saya tulis sebelumnya saya penasaran aja sama Manjaro, soalnya dulu gagal mulu soalnya. Kedua adalah karena bagi saya Manjaro adalah Arch dengan mode normal atau mungkin easy.

Dulu pas saya nyoba Arch hadeuh persoalan, pertama install os nya, milih DE, gak cocok install ini itu yang ujungnya saya balik lagi ke Ubuntu.

Nah dengan manjaro gak ribet cukup “next-next-next”

Update

Setelah install ke Manjaro hal yang harus dilakukan adalah update. Cukup ketikan:

sudo pacman -Syyu

Waktu update tentu tergantung internet dan besaran update yang diterima, jadi tunggu saja.

Install PAMAC

Pamac ini mirip octopi atau macam software manager, saya sendiri kurang tahu kelebihan Pamac dibanding Octopi apa, saya pasang ini karena katanya ini lebih bagus dari Octopi menurut blog ini
Untuk memasang Pamac saya installnya pake Octopi, mantap kan?

Gimik

Sekarang bagian gimik-gimiknya, pertama yang saya install adalah Tilix sebagai pengganti terminal emulator bawaan. Saya suka Tilix yang enak aja, apalagi kalao sering maen-maen dengan multi terminal

Gimik kedua saya pasang ZSH, semenjak menggunkan oh my zsh saya suka sekali dengan zsh ini, membuat saya lebih hemat mengetik. Selain itu banyak tema-tema gimik agar terlihat lebih geek padahalmah apeu.

Gimik selanjutnya saya tambahkan ulauncher, ulauncher ini mirip-mirip launcher di mac gitulah, membantu saya daripada harus buka start menu lalu cari aplikasi, mending launch ulauncher, cari, selesai.

Terakhir ini bukan gimik, ini emang kebutuhan, yaitu docker dan docker-compose, nah untuk ini saya buat tulisan terpisah aja biar nambah banyak post.

Show Comments