Spiderman, Akhirnya Selesai Juga

Spiderman, Akhirnya Selesai Juga

Tulisan ini saya pastikan mengandung spoiler.

Flashback

Setelah sekitar 3 minggu pertama maen, akhirnya sabtu kemarin main lagi, dan ternyata dalam waktu “2 hari” saja saya bisa menyelesaikan plot utama dari game Spiderman ini. Saat memainkan kembali jadi kagok kontrol karakternya. Selama sejam saya cuma keliling kota berayun dan nyari lawan kroco-kroco, beruntung karena kontrolnya mudah dihapal karena emang repetitif tidak butuh waktu lama untuk pemanasan jari-jari.

1 – 65%

Saat pertama kali pasang ternyata tidak butuh waktu lama untuk menyentuh angka 65%, emang cerita utamanya pendek. Kalau saja saya tak harus ke Jakarta kayanya bisa tamat lebih cepat deh. Tapi kalau ngejar plot utama juga cukup persoalan, kostum dengan kemampuan baru dan alat-alat bantu untuk membantu dalam pertarungan mesti menyelesaikan dulu cerita sampingan, tantangan dan misi-misi kecil.

Musuh dari Musuhku tetap Musuhku.

Bisa dibilang plot utama yang terlihat pertama kali adalah melawan Mr. Negative, walaupun banyak yang muncul seperti Kingpin, The Shocker, dan Tombstone bisa dibilang itu sekadar untuk perkembangan cerita saja. Mr. Negative ini tujuan awalnya adalah membuat Norman Osborn sengsara. Saat kita melawan Mr. Negative dan kroco-kroconya para demon, tuan Norman juga menyewa pasukan khusus berkostum putih-putih bawa pentungan warna merah dan bisa nyetrum yang dipimpin oleh Silver Sable. Walaupun sama-sama melawan Mr. Negative, kelompok silver sable ini menganggap Spiderman adalah masalah.

Akibat dari hal tersebut saat kita berjalan atau berayun keliling kota selain kita akan temu kangen dengan para demon Mr. Negative atau temu sapa dengan penjahat yang kabur, tak jarang kita akan meet and greet dengan pasukan putih-putih ini.

Musuh dari Musuhku adalah Rekan

Berbeda dengan Silver Sable, pihak penjahat yang dipimpin Doctor Octopus lebih bisa berpikir dewasa, saat dia sadar musuh yang dihadapi sama, dia bekerja sama dengan Mr. Negative untuk melawan Spidey, dan untuk lebih efektif dan efisien melawan Spidey mereka juga merekrut penjahat yang punya dendam dengan Spiderman, diantaranya: Electro, Vulture, Rhino dan Scorpion. Nantinya kelompok penjahat ini akan menjadi bos battle. Electro akan kerja sama dengan Vulture, Rhino bekerja Sama dengan Scorpion. Untuk Mr. Negative dan Doctor Octopus akan sendiri-sendiri.

Bermain Sebagai MJ dan Miles Morales

Selain bermain sebagai Peter Parker alias Spiderman di sini kita akan memainkan karakter MJ alias Marie Jane dan Mile Morales. Saat memainkan dua karakter ini kita akan bermain seperti game Hitman, mengendap-ngendap untuk kabur bukan ngebunuh tapinya.

Musuh dari Musuhku akhirnya Temenan

Pada stage-stage akhir, akhirnya Silver Sable dapat hidayah, karena susah melawan Mr. Negative dan Doctro Octupus juga Spiderman, akhirnya Silver Sable bekerja sama dengan Spiderman untuk melawan Mr. Negative.

Bonus Kostum dan Misi Terakhir

Setelah melawan 4 bos penjahat dan damai dengan Silver Sable kita masuk ke tahap-tahap akhir permainan, setelah mengalahkan Mr. Negative akan ada scene dikit melawan Doctor Octopus, di sini akan kalah dan akan diberi satu kesempatan upgrade kostum terakhir sebelum melawan Doctor Octopus. Saat menyentuh stage ini kita akan diberi satu kostum khusus yang mempunyai kemampuan mengisi ulang alat-alat yang sudah dibuat, alat-alat yang sudah dibuat kan ada semacam pelurunya dibatas, kemampuan kostum yang ini adalah mengisi ulang penuh peluru alat-alat tersebut. Maka dari itu sebeum menyentuh level ini diharapkan alat-alat canggih sudah kebuka semua.

Selesai tapi Tak 100%

Walaupun sudah menyelesaikan seluruh misi utama tapi dalam layar masih dihitung 81% saja prosesnya, kemungkinannya sih saya masih harus menyelesaikan misi-misi kecil yang ada di setiap distrik, dari semua distrik yang ada — saya lupa berapa jumlah distriknya — saya baru menyelesaikan sampai 100% di satu distrik saja.

DLC?

Ada 3 DLC tambahan yang disediakan, cerita dengan Black Cat, Turf War ( saya gak tahu ini apaan ) dan terakhir Silver Lining cerita yang langsung terkait Silver Sable. Sempet kepikiran mau beli DLC nya sih, tapi duitnya kepake buat perpanjang PS+ dulu [ insert emotikon nangis].

Sequel?

Bagi yang membaca komik atau emang ngikutin seri Spiderman tentu gak asing dengan Miles Morales, dia adalah penerus superhero Spiderman. Di akhir cerita utama Miles Morales menampilkan kemampuannya dia di hadapan Peter Parker, hmm apakah akan ada kelanjutan dari Spiderman dengan tokoh utamanya Miles Morales? Apa cuma DLC saja? Yang pasti semoga saja saya ada duitnya jika game/dlc nya keluar.

Show Comments